CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Sabtu, April 19, 2008

ANGKET SEDERHANA Sebagai SELF ASESSMENT

n LIMA KARAKTER GURU TERBAIK MENURUT SAYA

  • nMemotivasi ; Dalam hal ini, guru harus memberikan semangat terhadap muridnya agar murid tersebut dapat menggapai cita-citanya sesuai dengan minat dan bakatnya.
  • nSabar ; Guru harus sabar dalam menghadapi segala sifat dan tingkah laku muridnya. Karena setiap murid pastilah memiliki sifat dan sikap yang berbeda. Bila sedang mengajar, guru harus sabar apabila terdapat murid yang sulit sekali dalam memahami materi pelajaran.
  • nHumoris tapi serius ; Setiap guru hendaklah memiliki sifat humoris yang akan mencairkan suasana tegang dan bosan di dalam kelas. Tetapi, rasa humornya tersebut janganlah berlebihan. Karena itu dapat membuat murid tidak konsentrasi terhadap materi yang diajarkan. Maka, guru harus SERSAN (Serius tapi Santai)
  • nKreatif ; Setiap guru hendaklah memiliki kreativitas. Karena dengan kekreativannya itu, dapat menmperluas pengetahuan muridnya dan membuat muridnya juga ikut kreatif.
  • nMemahami kondisi psikis murid ; Guru hendaknya dapat memahami kondisi psikis tiap muridnya. Karena perkembangan psikis murid berbeda satu dengan lainnya. Bila guru tidak dapat memahami hal tersebut, maka bisa saja murid menjadi enggan untuk mengikuti pelajaran si guru itu.
n LIMA KARAKTER GURU TERBURUK MENURUT SAYA

  • nMembosankan ; Guru yang membosankan dapat membuat suasana kelas menjadi jenuh dan membuat murid mengantuk sehingga malas untuk mengikuti pelajaran si guru membosankan itu.
  • nTempramental dan emosional ; Guru seperti ini dapat memberikan dampak buruk terhadap psikis muridnya.
  • nSering telat masuk maupun keluar ; Guru yang telat masuk kelas, akan mencontohkan muridnya telat juga. Dan bila guru telat keluar kelas, itu berarti mengurangi jam istirahat muridnya. Guru yang seperti ini, bisa dikatakan kedeisplinannya terhadap waktu masih kurang.
  • nBertindak semena-mena ; Misalnya dalam memberikan tugas yang harus dikumpulkan di hari yang sama dengan tugas lainnya. Guru seperti ini dapat membuat muridnya bingung untuk mengerjakan tugas mana yang harus didahulukan.
  • nPerokok ; Seharusnya dibuat aturan bahwa guru tidak boleh merokok apalagi merokok di dalam kelas. Karena kita semua tahu, perokok pasiflah (orang di sekitar perokok) yang akan menderita penyakit yang lebih parah daripada perokoknya. Jadi, hal itu dapat mebahayakan kesehatan muruid dan itu tidak mencontohkan sesuatu yang baik pada muridnya. Dan kita juga tahu, bahwa rokok sangat berbahaya bagi kesehatan dan pelajar juga dilarang merokok. Jadi, mengapa masih ada guru yang merokok??
n

1 komentar:

dheslynha^^ mengatakan...

haiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii...
saya siswi SMK N 1 KOTA SERANG...
saya senang dan bangga,,,ternyata sudah banyak remaja yang sadar akan dampak negatif yg ada di sekitarnya>>>...
Tp,,,saya harap...,,tidak hanya ucapannya saja...
melainkan hatinya juga...
thx???!!!